Obyek Wisata dan Hotel di Belinyu

 

     Belinyu juga mempunyai obyek wisata seperti daerah lainnya di Bangka Belitung, dan sudah pasti obyek wisata itu dominan dengan wisata pantai. Pantai-pantai di Belinyu  mempunyai ciri khas pasirnya yang putih dan sangat halus sehingga jika diinjak oleh para pengunjung pasir-pasir ini akan mengeluarkan suara yang unik, yaitu : nyiittt....nyiittt....nyiiittttt.

 

Berikut adalah obyek wisata di Belinyu :

 1. Pantai Romodong. (Romodong Beach)

     Lokasinya berada di daerah Belinyu, Bangka utara, sekitar 77 km dari Sungailiat. Di pantai ini, para wisatawan dapat menyaksikan peristiwa terbenamnya matahari. Ini dikarenakan lokasi pantainya yang menghadap ke Barat. Panjang keseluruhan pantai mencapai 4 km. Lautnya landai, berpasir putih dan halus. Airnya bening bak kristal.

 

       

( The location  is  in Belinyu area , north Bangka  77 km from Sungailiat. In this beach the tourists can  see  a sunset fenomenal.  Because this location is  face  to west.  All beach have 4 km distance.  If we go to this beach we can see white and soft sand here. this beach have a pure water like crystal. )

  

 

2. Pantai Penyusuk. (Penyusuk Beach)

    Terletak di Desa Penyusuk kecamatan Belinyu dengan pantai yang landai dan alami serta dihiasi dengan bebatuan. Pantai ini banyak di kunjungi para wisatawan karena keindahan pantainya serta kejernihan airnya.

 

      

 

( The natural and sloppy beach is marked by the clarity of its water surrounded by exotic isles where sea-turtle lays its eggs. The beach is located in Bukit Ketok Village, Belinyu district, about 77 km from Sungailiat. )

 

 

3. Pantai Tanjung Putat. (Tanjung Putat Beach)

    Terletak bersebelahan dengan pelabuhan laut Tanjung Gudang, pantai Tanjung Putat mempunyai struktur pantai landai yang panjang sehingga sangat cocok jika anda mengajak keluarga anda untuk bermain atau mandi di pantai ini.

Di dukung dengan pasir pantainya yang putih dan halus serta air lautnya yang jernih, pasti anda akan sangat tertarik untuk berwisata disini.

 

         

 

       

 

 

 

4. Pantai Pesaren. (Pesaren Beach)

 

 

5. Pha Kak Liang.

     Pha Kak Liang adalah sebuah obyek wisata bergaya cina, yang dibangun di daerah bekas tambang timah, yang luasnya mencapai 2 ha. Tempat ini berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. Pha Kak Liang berada sekitar 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat.

Para Wisatawan yang datang ke Pha Kak Liang seolah-olah berada di kawasan daratan Hongkong atau Taiwan. Daya tarik Pha Kak Liang bagi wisatawan di sini yang tak kalah menariknya adalah para wisatawan bisa menyaksikan ikan air tawar yang besar-besar bermunculan dipermukaan air pada saat di berikan makanan yang telah disediakan oleh penjaga setempat. Menurut ceritanya ikan-ikan tersebut tidak boleh dipancing atau dimakan.